by

Cegah Karhutla, Polsek Mojoroto Pasang Spanduk Himbauan

KEDIRI,semerusatu.com–Cegah Karh Kepolisian Sektor (Polsek ) Mojoroto Resor Kediri Kota, Jawa Timur, memasang spanduk yang berisikan informasi terkait dengan himbauan dan larangan membakar hutan dan lahan untuk pencegahan Karhutla di wilayah Polsek Mojoroto.

Dalam pelaksanaannya, pemasangan spanduk itu dilakukan Kapolsek Mojoroto Kompol Mukhlason bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Pojok, Babinsa Kelurahan Pojok, Polhut RPH Pojok, BKPH Kediri dan LMDH Pojok.

Pemasangan spanduk dilakukan pada Kamis sore 7 September 2023, di petak 130 / pintu masuk pendakian Lebak Tumpang Kelurahan/ Pojok, Kecamatan Mojoroto.

Kapolsek Mojoroto Kompol Mukhlason mengatakan kebakaran hutan dan lahan bisa saja terjadi bukan hanya karena kondisi cuaca alam yang panas, namun juga diakibatkan karena ulah manusia.

” Faktor penyebab dari kebakaran hutan itu bisa terjadi karena memang cuaca panas akibat musim kemarau, tetapi juga bisa karena faktor kesengajaan oleh ulah manusianya itu sendiri,” ujar Kompol Mukhlason, Kamis (7/09), di lokasi.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Kapolsek Krian itu menyampaikan pemasangan spanduk terkait dengan upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilakukan juga dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan mengajak mereka untuk bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Pada spanduk tersebut, lanjut Kompol Mukhlason, dituliskan juga ancaman pidana dan denda ( UU no. 41 tahun 1999 ) bagi yang sengaja melakukannya.
Ia mengingatkan kepada masyarakat pentingnya melaporkan kegiatan mencurigakan atau adanya tanda-tanda kebakaran kepada pihak berwenang setempat seperti Kepolisian setempat, perhutani, dan pihak berwenang lainnya.

” Langkah Ini akan sangat membantu dalam penanggulangan cepat dan efektif jika terjadi kebakaran,” ujarnya.

Kompol Mukhlason berharap, dengan adanya spanduk imbauan karhutla ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah kebakaran hutan dan melibatkan mereka dalam menjaga kelestarian alam.

Selain itu juga, lanjut Kompol Mukhlason, mengedukasi masyarakat tentang tindakan yang harus diambil untuk mencegah kebakaran dan melindungi lingkungan.

News Feed