Sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Sesama, Kapolsek Mojoroto Kompol Mukhlason Bantu Warga Penderita ODGJ

Kediri ( semerusatu.com )–Kepedulian Terhadap penderita ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) adalah suatu wadah kepedulian kepada sesama makhluk ciptaan Allah SWT, di mana kita dituntut untuk bagaimana dapat mau penduli kepada orang yang secara mental berfikirnya tidak normal.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Mojoroto Polres Kediri Kota Kompol Mukhlason salah seorang ODGJ yang bernama Roberto Santos, warga Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kediri Kota, Jawa Timur.

Roberto Santos adalah salah satu penderita penderita ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang pada Selasa (18/01/2022) mendapatkan perhatian dan kepedulian dari mantan Kapolsek Krian Polresta Sidoarjo itu.

Kapolsek Mojoroto Kompol Mukhlason menjelaskan, pihaknya bersama anggotanya, Bhabinkamtibmas, bidan serta nakes ( tenaga kesehatan ) Puskesmas serta relawan mendatangi rumah rumah warga yang kedapatan ODGJ untuk diberikan pengobatan dan sembako.

” Yang kami lakukan merupakan penjabaran dari tugas pokok Kepolisian RI dalam hal pelayan kepada warga masyarakat, ” kata Kompol Mukhlason, Selasa (18/01), saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, Bhabinkamtibmas juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Karena, lanjut Kompol Mukhlason, Bhabinkamtibmas memang dituntut untuk selalu hadir dalam setiap masalah atau pemecahan masalah terhadap problem yang terjadi di masyarakat, khususnya daerah binaan masing-masing.

Di lain pihak, Mustikowati selaku ibu kandung ( biologis ) dari Roberto Santos mengungkapkan terima kasihnya karena telah dibantu Kepolisian ( Bhabinkamtibmas ), TNI serta petugas Kesehatan.

” Terima kasih, karena Kami sudah dibantu oleh pihak Kepolisian dan Bu Bidan serta Pak Bhabinkamtibmas, Bapak TNI dan petugas Kesehatan lainnya,” ucap Mustikowati dengan nada senang bercampur haru.

Matanya berkaca – kaca melihat anaknya mendapatkan perhatian dari seorang Kapolsek Mojoroto. Hatinya merasa haru. Berulangkali wanita yang menjadi ibu kandung penderita ODGJ itu mengucapkan puji syukur melihat seorang perwira polisi mencukur rambut anaknya.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, selain mecukur rambut ODGJ tersebut, perwira polisi dengan pangkat Komisaris Polisi ( Kompol ) ini dan anggotanya juga membantu membersihkan tubuh penderita ODGJ tersebut dengan mencukur kumis dan jenggot yang tidak terawat.

Kapolsek menjelaskan, kegiatan ini dilakukan rutin bersama – sama petugas kesehatan untuk memberi obat obatan kepada ODGJ serta pengecekan perkembangan dari sakit yang diderita.

” Hari ini tadi sudah ada 3 ODGJ yang dikunjungi,” imbuh Kompol Mukhlason.

Dijelaskan, di masa Pandemi ini jangan sampai penderita ODGJ tidak mendapat perhatian, tentunya dalam penanganan Covid 19, seperti kebutuhan vaksin, peralatan prokes masker, vitamin dan lainnya akan selalu diperhatikan.(Yoni)